Wednesday, October 6, 2010

Cara Menyembunyikan Drive C, D, E, dst

Pernahkah Anda mendapati komputer milik Anda mengalami gangguan setelah dipakai anak Anda? Atau pernahkah Anda mendapati ada keganjilan/ketidakberesan di sistem komputer Anda setelah habis dipakai teman/orang lain? Anda wajib hati-hati dan waspada! Mengapa? Karena bisa jadi anak Anda atau bahkan teman Anda sendiri yang iseng dan sengaja menghilangkan (men-delate) salah satu atau beberapa file penting kita (khususnya file di sistem).

Pada tutorial kali ini saya bermaksud sharing tentang Bagaimana menyembunyikan drive komputer kita. Hal ini menjadi penting, bahkan bisa jadi sangat penting bagi Anda yang menghendaki privasi ataupun proteksi yang lebih aman. Bagi Anda yang punya anak kecil yang sering menggunakan komputer Anda ataupun bagi Anda yang takut data-data Anda dirusak atau bahkan dicuri oleh teman sendiri/orang lain, teknik ini bisa menjadi salah satu cara yang mudah dan cepat, Mengapa? Iya, karena komputer tidak perlu direstart terlebih dahulu untuk bisa mengetahui hasilnya. Sekali lagi, ini hanya salah satu cara saja, karena masih ada banyak cara untuk bisa melindungi privasi maupun proteksi terhadap data-data Anda di komputer. Cara yang akan saya share di sini cukup sederhana saja, yaitu lewat utak-atik gpedit.msc (group policy). Untuk cara yang lain, kita bahas di edisi tutorial selanjutnya, yah...

Langkah-langkahnya adalah sbb:
  1. Buka run dan ketik gpedit.msc 
  2. Pilih User Configuration >Administrative Templates>Windows   Components> Windows Explorer. Cari di kolom sebelahnya dan klik kanan tulisan Hide these Specified Drives in My Computer, pilih edit 
  3. Pilih Enabled, terus tentukan drive komputer yang akan kamu sembunyikan. Misalnya drive C. 
  4. Selesai sudah dan langsung lihat hasilnya dengan membuka windows explorer, lalu perhatikan apa yang terjadi. Yah, drive C Anda sudah tidak nampak lagi, khan? 
  5. Untuk mengembalikan ke setingan awal, Anda tinggal melihat poin 2 dan 3.....terus kamu pilih Not Configured yah...
SELAMAT MENCOBA DAN JANGAN LUPA COMMENT-NYA, K?! 

2 comments:

Unknown said...

Makasih, bro! bisa saya ikuti langkah-langkahnya dan sukses. Cara yang lain segera diposting, ya?

MbahGugel (Admin) said...

Ukeee, bro! Ntar pasti saya posting segera ndak pake lama og. Sabar dikit, yah.... Yang penting yang udah dikuasai dibiasakan terlebih dahulu, K?