Tuesday, May 24, 2011

Menampilkan Subtitle pada file Video/Film

Selamat jumpa kembali kawan-kawan blogger tercinta. Pada beberapa waktu yang lalu, ada salah satu dari sahabat blogger yang request tentang bagaimana cara memasukkan Subtitle (*.srt, dll) ke video. Oleh karena itu, pada postingan kali ini, saya bermaksud share sebuah tips dengan topik serupa, yaitu bagaimana menampilkan Subtitle (teks) pada file video/film. Tips ini akan membantu sobat blogger yang gemar mendownload dan mengoleksi file video. Setelah berhasil mengunduh file video dan Subtitle (teks)-nya, masalah yang kebanyakan akan kita hadapi adalah bagaimana menggabungkan / menampilkan Subtitle ke file video tsb, hingga bisa masuk dan terbaca ketika kita menonton-nya.

Untuk bisa menggabungkan dan menampilkan Subtitle (teks) di file video, kita musti melakukan langkah-langkah sbb:

1. Video/Film dan Subtitle harus berada dalam satu folder yang sama.

2. Berikan nama yang sama pada Subtitle dan video/film tersebut. Namun extensions tetap berbeda.
Contoh: Twilight New Moon TS XVID V2 – IMAGiNE.avi untuk nama file video dan Twilight New Moon TS XVID V2 – IMAGiNE.srt untuk nama file subtitle.
3. Selanjutnya tinggal putar file video dengan video player.

Jangan lupa untuk menginstall Windows Codec Pack untuk dapat memainkan berbagai macam jenis file multimedia. Dan install juga K-Lite Codec Pack untuk melengkapi codec. Serta gunakan Media Player Classic sebagai Pemutar file video dan music.



SEMOGA BERMANFAAT!
HAVE A NICE DAY!


No comments: