Monday, March 28, 2011

Tips Mengoptimalkan Kinerja Komputer (PC)

(Tweaking & Modifikasi Windows Untuk Mempercepat Computer)

Pada postingan kali ini saya akan coba berbagi (share) kepada teman-teman blogger semua, khususnya yang masih tergolong pengguna baru (kayak saya juga, sie!) tentang bagaimana mengoptimalkan kinerja komputer kita, sehingga komputer kita bisa berjalan dengan lebih baik dan cepat. Dengan sedikit Tweaking dan Modifikasi pada setting Windows, dipastikan komputer Anda akan memberikan penampilan yang jauh lebih baik dari sebelumnya.
Berikut langkah Optimalisasi Windows untuk mempercepat kinerja komputer:
A. Matikan beberapa fitur STARTUP.
Hal ini akan mempercepat loading Windows pada waktu pertama kali kita menghidupkan komputer (Booting).
  • Masuklah ke menu RUN>Ketikkan MSCONFIG>OK>Pilih menu StartUp & Hilangkan semua tanda centang (v) pada StartUp kecuali Program Anti virus atau program lainnya yang Anda anggap penting untuk tetap dimunculkan di StartUp.
  • Klik menu Service>Hilangkan tanda centang pada Automatic Updates (semacam Windows Update, Nero Update, ataupun Automatic Update lainnya)
  • Setelah itu >Apply>OK. Hal ini memerlukan Restart Windows.
Selanjutnya kalau muncul notifikasi Message Windows, pilih saja ‘Don’t show this message again’. Kemudian lanjutkan ke optimasi pada Registry Windows di bawah ini.

B. Modifikasi pada REGISTRY
Ubahlah Registry Windows pada beberapa bagian berikut ini:
  • Masuk ke RUN>Ketik REGEDIT>OK
  • MYCOMPUTER>HKEY_CURRENT_USER>ControlPanel>Desktop> Cari MenuShowDelay>Klik ganda dan ubah value datanya dari 200 menjadi 10
  • Cari HungAppTimeout>Klik ganda dan ubah value datanya dari 2500 menjadi 5
  • MYCOMPUTER>HKEY_LOCAL_MACHINE>SYSTEM>ControlSet001> Control>WaitToKillServiceTimeout>Ubah Value datanya dari 12000 menjadi 500
  • MYCOMPUTER>HKEY_LOCAL_MACHINE>SYSTEM> ControlSet002>Control>Cari WaitToKillServiceTimeout>Ubah Value datanya dari 12000 menjadi 500
  • MYCOMPUTER>HKEY_LOCAL_MACHINE>SYSTEM>Current ControlSet>Control>Session Manager>Memory Management> DisablePagingExecutive>Ubah Value datanya dari 0 menjadi 1
C. Optimalkan VIRTUAL MEMORY
  • Masuk ke Control Panel>System>Advanced>Performance Setting> Menu Visual Effects>Pilih Custom > Beri tanda centang (v) pada “Use Drop Shadow For Icon labels on the dekstop” dan “Use Visual styles on windows and buttons” dan kemudian klik Apply.
  • Masih berada di Control Panel>System>Advanced>Performance Setting&Menu Advanced>Virtual memory>Change>Hilangkan tanda centang (v) pada Automatically manage paging size for all drives>Klik pada drive C: [System]>Pilih Custom Size>Ubah Value pada initial size dan maximum size 2 kali lipat dari value sebelumnya misal 256 ubah ke 512 , 512 ubah 1000 atau anda bisa merubah sesuai keinginan anda asal lebih besar dari value sebelumnya, Kemudian klik OK.
Atau kalau Anda kebingungan untuk mengisi-nya, beri saja tanda centang (V) pada ‘Automatically manage paging size for all drives’. SELESAI!

Tweaking dan Modifikasi diatas bertujuan untuk mengoptimalkan dan mempercepat proses kerja suatu program atau software. Dan untuk mencegah peringatan (warning) ‘Virtual Memory too low’ pada saat menjalankan program yag berat seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Premire, Pinacle, Sony Vegas dan program berat lain yang memerlukan Virtual Memory yang besar. Dan juga hal ini untuk mendukung Memory (Ram) yang kecil sehingga masih bisa digunakan untuk menjalankan progam berat tersebut.

Setelah selesai, Restart komputer Anda. Maka kinerja dan performance komputer Anda akan lebih cepat dari sebelumnya.

[Sumber: www.esc-cration.com dengan beberapa penyempurnaan, dengan harapan lebih memperjelas tutorial]


HOPING THAT IT'S USEFUL FOR YOU!

8 comments:

Mr. Bhondhet :( said...

Konfirmasi Bro, tips ini untuk os apa bro?..., sebab Q trapin di PCku yang osnya XP SP3, malah berantakan semua...tambah pusing Q dibuatnya.
Masalahnya sekarang setiap booting muncul opsi pilihan yang sebelumnya nggak, trus program Tune-Up Utilitinya sekarang ini nggak isa dibuka, tiap diklik keluar pesan : Integrator.exe - Entry Point Not Fount

The procedure entry point @$xp$22Tuusvc@ITUUtilitiesSvc could not be located in dynamic link library SysInfo.bpl.

Lantas gimana nich bro solusinya?
pengennya lancar malah nggak karu-karuan, tlng ya bro kasih jalan keluar minimal kembali seperti semula. thank's

MbahGugel (Admin) said...

-Barangkali merubah nilai di registry-nya terlalu kecil, sehingga justru menyebabkan permasalahan seperti itu.
-Tips ini lebih khusus utk OS: Win7, Tapi bisa juga tuk XP & Vista. Klo ada masalah, kembalikan saja ke spt semula. Atau bisa juga di recovery ke setingan semula lEWAT control Panel.
MOGA SEGERA TERSELESAIKAN PERMASALAHAN-NYA.

MbahGugel (Admin) said...

Dan untuk Tune-Up Utility, silahkan di uninstall app Tune-Ip Utility yg sdh terinstall di kompi, dan kemudian sobat install kembali. Klo g berhasil, pake aja software utility serupa, mis. Advanced System Care.

Mr. Bhondhet :( said...

Sudah bro, udah Q kembaliin seperti semula, tapi tetep aja...tiap booting keluar opsi pilihan , padahal sebelumnya langsung ke windowsnya, nggak pake milih2 segala.
Terus untuk Tune-Upnya masalahnya setelah keluar pesan seperti yang Q pernah sebutkan, udah nggak bisa diapa2in, di instal ulang nggak bisa di uninstal juga nggak bisa, makanya itu pussssiiiiing ini Q :(
Terus gimana donk ini bro...pean nggak bisa ta ngasih solusi, kalau nggak bisa mending ilangin aja tuh artikel kalau hanya membuat masalah!...jadi kapok dech kalau begini :(

Mr. Bhondhet :( said...

Kalau pean nggak keberatan, pean bisa kirimi Q solusinya via emailku: sam.libras@yahoo.co.id
Oke Q tunggu ya bro, thank's atas perhatiannya.

MbahGugel (Admin) said...

Nampaknya, permasalahan berasal dari TuneUp Utilities di kompi sobat, Cobalah langkah2 berikut:
1. Download & Install Youruninstaller.
2. Uninstall TuneUp Utilities dari Save Mode (Gunakan YourUninstaller! untuk uninstall TuneUp yg bermasalah diatas). Kemudian Retart kompi.
3. Hapus Folder TuneUp Utilities dari C:\Program Files\TuneUp Utilities. Pake SHIFT+DELETE. Kalo tdk bisa, hapus pake unlocker.
4. Hapus (delete) registry TuneUp Utilities. Buka Explorer > Run > ketik Regedit > HKEY_CURRENT_USER > Software > TuneUp (hapuslah yg ini)
5. Hapus (delete) registry TuneUp Utilities. Buka Explorer > Run > ketik Regedit > HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > TuneUp (hapuslah yg ini juga).
6. Cleaning kompi dgn Glary Utilities / CCleaner / Error Repair Professional / Advanced System Care ato program sejenis utk membersihkan sisa-sisa instalasi/uninstalasi program.
SEMOGA KALI INI BERHASIL, BRO.

Anonymous said...

Sya mw tanya om,
saya mau instal ulang Tuneup Utilities, tetapi sewaktu di run keluar pesan :Tuneup Utilities version 12.o.2020.22 cannot be instaled because a more recent version of tuneup utilities is already intalled.
itu Gmana solusinya ??

MbahGugel (Admin) said...

Artinya: Sudah ada bbrp TuneUp Utilities terpasang di kompi sobat sebelumnya. Uninstall terlebih dahulu mereka sampai bersih (termasuk hapus di C:\Program Files & di Registry)kalau masih ada dan baru kemudian install versi yang ini (terbaru).
GOOD LUCK:)