Wednesday, November 17, 2010

Membasmi virus SHORT CUT di Flashdisk tanpa Antivirus

Kalau pada postingan beberapa waktu yang lalu, saya posting tentang bagaimana Menghilangkan Virus di Flashdisk dengan WinRar tanpa Antivir, sekarang saya akan mencoba melanjutkan dengan postingan sejenis tapi tidak sama yaitu tentang bagaimana 'Membasmi virus Shortcut di flashdisk tanpa Antivirus'.

Sebenarnya membasmi virus, termasuk virus Shortcut tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Namun kebanyakan dari kita-kita sudah terlanjur ‘menyerah’ duluan dengan yang namanya virus. Mungkin ini dikarenakan sebagian dari virus-virus tsb sangat ‘sakti’, ya.

Tentunya ada dari Anda yang pernah tahu/mendengar ada manusia zaman dahulu yang konon katanya sakti dan bisa menghilang, lantaran punya Ajian Welut Putih, bisa dilumpuhkan hanya dengan Daun Kelor, khan. Begitupun dengan virus SHORTCUT yang katanya sulit dihilangkan/dibasmi, bisa ditaklukkan dengan cara yang ringan-ringan saja, bahkan tanpa Antivirus. Wah, keren juga, khan?

Kalau Anda mendapati Flashdisk Anda terkena virus Shortcut, yang mana semua folder berubah menjadi Shortcut, Anda tidak usah pusing-pusing karena file/folder di Flashdisk Anda tidaklah hilang tapi hanya disembunyikan oleh virus tsb. Dan jangan sekali-kali mencoba untuk membasminya dengan Antivirus, karena langkah Anda akan sia-sia belaka. Yang Anda butuhkan hanya sedikit kesabaran untuk membasminya. 

Berikut ini saya berikan triknya:
  1. Masuk ke Tools pada Windows Explorer Anda dan pilih Folder Options
  2. Setelah muncul Kotak dialog Folder Options masuk ke tab View. Nah pada tab View ini silakan Anda beri tanda pada Show Hidden files and folders dan hilangkan centang pada Hide protected operation system files (Recommended), jawablah YES/OK jika muncul notifikasi/pemberitahuan. Maka folder yang tadi tersembunyi (ter-hidden) akan muncul kembali. 
  3. Setelah folder tersebut muncul kembali, saatnya kita mengembalikan folder tersebut seperti semula. Maksudnya supaya tidak buram lagi dan menjadi normal (hitam). Caranya cukup mudah, yaitu masuklah ke Command Prompt (CMD). Stlh itu silakan sobat ketikkan label drive mana sobat menancapkan USB Flashdisk Anda. Contohnya saya menancapkan USB Flashdisk saya pada drive H, maka saya ketikkan attrib -s -h -r namafolder (tanpa spasi) lalu tekan ENTER, maka folder yang tadi terhidden akan kembali normal. Misal. attrib -s -h -r KURIKULUM lalu tekan ENTER. Akhirnya akan Anda dapati folder KURIKULUM yang tadinya terhidden, sekarang menjadi normal kembali. 
  4. Silakan Anda lakukan berulang kali untuk folder yang lain dengan cara yang sama. Dengan catatan bila ada folder yang memiliki dua kata sebaiknya di-rename menjadi satu kata, karena tidak boleh ada spasi diantara kata tersebut. 
  5. Yang terakhir, setelah semua folder yang ter-hidden tadi kembali normal, silakan hapus folder yang berbentuk Shortcut dan file lainnya yang dianggap asing.
NAH, CUKUP MUDAH, BUKAN? SELAMAT MENCOBA DAN JANGAN LUPA COMMENT,K?!

2 comments:

Unknown said...

Jika pada step 2 diatas tidak muncul Folder yang samar2 gimana tapi pas dicek di space FDnya lumayan banyak. Ada cara lain untuk menangani shortcut seperti ini?

ditunggu emailnya di intismart.ade@gmail.com

MbahGugel (Admin) said...

Langkah yg paling penting yg musti sobat ambil adl mengamankan terlebih dahulu semua/sebagian file pentingnya. Caranya ada di postingan sy dgn judul Menghilangkan virus di Flashdisk dgn WinRar tanpa Antivirus.

Namun harus sobat pastikan bhw isi/kapasitas FlashDisk masih utuh/besar seperti sebelum terkena virus. Ini bisa dilihat kalo sobat membuka FD tsb dgn program WinRar.

Semoga bisa membantu!