Saturday, September 25, 2010

Nama folder mjd berwarna biru???...

Kejadian ini berlangsung sudah lama tapi baru saya cari tau, pasti Anda sudah pada tahu cara mengatasi masalah ini.  Nama folder berubah menjadi biru dan itu membingungkan teman saya dan saya juga. Kemudian saya berusaha mencari tahu ke  simbah saya 'mbah gugel'. 

Ini menjadi sebuah pelajaran berharga seandainya Anda mengalami hal serupa dan jangan sekali-kali  memecahkan masalah ini dengan melakukan instal ulang (inul) karena sebenarnya tidak ada masalah sama sekali dengan kompi Anda tersebut.

Berikut ini cara merubah nama folder yang semula berwarna biru menjadi hitam kembali:
  • Buka Windows Explorer terlebih dahulu, 
  • Pilih driver mana yg ada warna biru-nya, misalnya: drive C: /D: 
  • Klik kanan 
  • Properties 
  • Hilangkan tanda Ceklist (v) di compress drive.
Dan jika masih kurang faham, ada cara yang sama tapi berbeda:
Buka Explorer>Klik Tools>Folder Options. Pada Tab View, hilangin tanda check "Show encrypted or compressed NTFS File Folder"

Penyebab sekaligus manfaat
Nama folder menjadi biru karena file itu di-kompress. Ini terjadi hanya pada jenis partisi NTFS. Kalau warna hijau, itu berarti di-encrypt. Biasanya file-file lama yang sudah sekian  lama tidak pernah dibuka saat menjalankan Disk Cleanup akan otomatis di-kompress. Sehingga lebih menghemat ruang HDD.

SEMOGA BERMANFAAT!

2 comments:

Anonymous said...

Saya og masih g mudheng tho, Mr.....
Hehehe... Maklum, masih pemula gitu lho!

MbahGugel (Admin) said...

Well...well...well. Sbg latihan, coba amati folder-folder di kompi sampeyan. Buka saja folder-folder di drive D. Kalau ada folder/file yang berwarna biru, itu artinya folder/file tsb terkompress. Nah, hal yang tdk lazim spt ini, bagi yang masih awam (hehehe...kayak saya jg)akan merasa gusar n tdk tentram. Mereka mengira kompi-nya udah banyak bersarang virus, padahal kenyataanya ya spt itu td, ok?