Tuesday, September 28, 2010

Menghilangkn virus di Flashdisk dg WinRar tanpa Antivirus

Kali ini saya bermaksud sharing pengalaman saya sewaktu ada salah satu teman yang meminta tolong kepada saya. Dia datang kpd saya dan mengatakan bahwa semua data di Flashdisk-nya hilang. Kebetulan juga sehari sebelumnya, secara tdk sengaja saya mendapatkan trik dari mbah gugel guna mengatasi permasalahan serupa. Ternyata memang benar! Program WinRar, selain menjadi idola para downloader guna keperluan ekstraksi dari setiap program / software yang
akan kita install sehabis download, program WinRar juga bisa kita gunakan untuk membersihkan virus yang ada di Flashdisk kita. Data-data di flashdisk yang sepertinya hilang, tapi dengan melihat kapasitas Flashdisk (Ingat! membuka flashdisk-nya dgn WinRar, bukan melalui jendela Explorer), ternyata datanya tidak hilang. Dengan membuka WinRar, semua data yang ada di Flashdisk bisa kita lihat dan sekaligus bisa juga kita buka. Dgn WinRar kita bisa mendeteksi file-file mana saja yang terjangkit virus dan untuk kemudian kita sikat habis! Berikut ini saya berikan langkah-langkah-nya:

  1. Yang pasti masukkan dulu Flashdisk sobat ke laptop atau komputer yang ada lubang USBnya, inget jangan  lubang yang lain yach. Hehe…. 
  2. Buka Program WinRar sobat. Jika belum punya, download terlebih dahulu Installer dan RegKey dan kemudian instal. 
  3. Cara mengecek apakah di flashdisk ada virus apa ndak? Caranya gampang, kita liat di bagian type pada WinRar. Cek ekstensi file yang ada di flashdisk. Contoh: jika file word maka extensinya .doc, jika file Excel maka extensinya .xls dan lain-lain. 
  4. Jika di flashdisk Anda tidak ada yang terasa aneh, maksudnya di flashdisk sobat tidak ada virus, berarti flashdisk sobat aman dari virus. 
  5. Contoh jika flashdisk anda ada virusnya: jika file word extensinya berubah menjadi .exe, maka file Anda sudah terkena virus dan cara menghilangkannya kita tinggal tekan shift+delOK. lalu tekan 
  6. Biasanya virus itu dibuat file tambahan yang namanya autorun.inf, jika ada file yang namanya autorun.inf, langsung didelete aja, inget cara deletenya tekan shift+del, supaya virusnya langsung terhapus dan tidak disimpan di Recycle Bin. Kalo dengan shift+del, tidak berhasil, kita bisa mengapusnya dengan software yg namanya Unlocker. Kalo masih juga belum berhasil, gunakan software pamungkas yg sangat sakti menurut saya, yaitu Autorun.inf Folder Remover. Dan yang terakhir, kalo seandainya masih kebal juga (walau saya tdk yakin), caranya adalah dengan membuka folder yang terjangkit virus tsb dan menghapusnya satu-persatu. Saya jamin berhasil dech!
UPDATE!
Pada postingan di atas, saya kelupaan untuk memberikan langkah-langkah pengamanan (backup) semua data-data (file/folder) di flashdisk Anda yg terjangkit virus.  Langkah-langkahnya sbb:
  1. Buka FlashDisk (FD) Anda dengan WinRar, maka terbukalah kotak WinRar. Pilih file (sebagian/semua) yg akan Anda amankan dgn cara klik kanan dan pilih 'Add files to archives'. 
  2. Pd kolom di bawah nama Archive name, tulis nama dari file yang akan Anda amankan (ekstrak) dgn nama apa saja, terserah Anda! 
  3. Selanjutnya letakkan file yg akan Anda amankan (ekstrak) di drive mana saja (yg penting jangan di drive system) dgn cara klik pd Browse di kotak Archive Name and Parameters (pd Tab General). Kalau sudah, klik OK dan langsung diikuti proses ekstraksi & pemindahan file. Tunggu sebentar. Selesai!
Jika Anda bermaksud membuka file/folder dalam file Rar/Zip hasil ekstraksi/pemindahan tsb lewat jendela Explorer, tinggal Anda buka dengan cara double click pd file Zip tsb. Setelah terbuka, Unzip-lah file yg ingin Anda buka dengan cara klik kanan>extract. Jangan lupa untuk menaruh file hasil Unzip di drive yg Anda inginkan. Klik Unzip! Tunggu sebentar. Selesai! Sekarang file bisa dibuka seperti biasanya.

SEMOGA BERMANFAAT!

No comments: